Selasa, 28 Februari 2012

Belajar itu??

Belajar itu?hmm, apa ya..?
Apakah anda tahu apa sebenarnya yang dimaksud dengan belajar? jangan-jangan anda masih ragu tentang definisi dari belajar nih..^^
banyak ilmuwan membuat definisi tentang belajar. namun kita akan ambil salah satu aja ya untuk dibahas..

Definisi belajar adalah :
" Proses dari tidak tahu menjadi tahu, dari tidak bisa menjadi bisa, dari tidak biasa menjadi biasa, dari tidak mampu menjadi mampu, dari tidak terampil menjadi terampil, dari tidak mengerti menjadi mengerti, dari tidak memahami menjadi memahami, dan seterusnya.."
Belajar adalah  sebuah proses. Dan proses yang ada dalam aktivitas belajar adalah proses untuk menjadi (on becoming). Dalam sebuah proses, segala sesuatu selalu berjalan dalam tahapan. Ada juga mekanisme dan alat. wah,..sepertinya rumit ya?. mari kita ulas satu persatu agar mudah dipahami.
Belajar terdiri dari beberapa tahapan. tahap awal adalah proses itu sendiri, ada tahap evaluasi untuk mengatur sejauh mana kita belajar. Secara umum belajar dimulai dengan mengenal hal-hal yang mudah, lalu berlanjur ke materi yang lebih sulit. makin lama kita beljar makin tinggi tingkat kesulitannya. Namun pada saat itulah anda memiliki keterampilan lebih dari sebelumnya hingga bisa menyelesaikan soal tingkat kesulitan yang lebih tinggi pula.
Input belajar adalah semua yang kita lihat, kita dengar, kita rasakan dan yang kita alami. Setelah suatu proses belajar dilaksanakan, ada hasil yang kita peroleh yaitu output. Outputnya adalah apa yang kita lakukan, apa yang kita katakan, apa yang kita tuliskan, serta semua sikap kita sehari-hari. Secara keseluruhan, hasil belajar membentuk diri seseorang.
Mekanisme belajar tiap orang berbeda-beda. Ada yang efisien dan ada yang tidak. sekarang sudah banyak ilmuwan yang mengembangkan beraneka ragam teknik belajar. Antara lain, quantum lerning, accelerated learning, experential learning, paeda gogis, andragogis, dan lain-lain.
Yang terakhir adalah alat belajar. Apa alat kita dalam belajar? Alat dalam belajar adalah diri kita, otak kita,hati kita, dan seluruh pemikiran kita. beragan inovasi dibuat para ahli pendidikan. Papan tulis, kapur, buku tulis, pulpen dan pensil belajar adalah alat belajar. yang lebih canggih adalah komputer, dan internet.
Setelah mengetahui uraian yang dibahas dalam belajar, saya harap anda jadi lebih tau dan sadar tentang proses belajar.
Belajarlah sebagai pembelajar global yang manmpu melihat "gambaran besar" terlebih dulu, yang suka mengerjakan tugas sekaligus, yang bisa memproses gambar, kejadian dan tema simbolis. 
  • Para Pembelajar Global senang mengerjakan berbagai tugas (multi-task).
  • Mereka dapat membahas teori dan sekaligus menerapkannya.
  • Terkadang tampak tidak teratur, pembelajar global melompat dari satu masalah ke masalah lain atau menangani dua/tiga masalah sekaligus. Seringkali" yang cukup dekat yang dinaggpa cukup baik"olehnya. jika suatu masalah 90% telah terselesaikan, sisa yang 10% dapat diabaikan.
  • Yang paling sering, Pembelajar Global yang menggunakan otak kanan. Mereka memproses gambar, kejadian dan tema simbolis
  • Bukannya menargetkan subyek dengan tepat, Pembelajar Global malah cenderung menggunakan pendekatan menembak. Menembak pola yang luas pada subyek, lalu memfokuskan pada apa yang mengenai target.
  • Pembelajar global tidak berkecil hati oleh ide yang tidak mengenai target karena ada sejumlah besar ide kreatif yang hampir mengenai sasaran.
 Agar proses belajar anda berjalan baik, maka anda perlu berkonsentrasi. Konsentrasi itu tidak mudah, namun bisa dilatih dengan cara :
  1. Carilah sebuah tempat untuk belajar yang hanya digunakan untuk belajar. Ini memungkinkan Anda menciptakan lingkungan atau suasana yang dilengkapi dengan banyak alat belajar dan gangguan minimum.
  2. Kendalikan tingkat keributan dan lingkungan visual. Musik akan dibahas secara lebih rinci, tetapi untuk sementara, ketika Anda berusaha memasukkan informasi, musik harus yang bersifat menenangkan dan tanpa kata-kata (instrumental). Musik lain dapat diputar ketika anda kreatif.
Hindari:  
  • Telepon
  • Permainan game
  • Televisi
  • Orang yang ingin bicara tentang topik di luar topik belajar
  • Junk Food.
Sediakan:
  • Lampu yang cukup terang (lampu yang tidak diarahkan langsung pada Anda lebih baik daripada lampu neon)
  • Ventilasi yang baik
  • Kursi yang nyaman ( tapi tidak terlalu nyaman hingga membuat Anda malas)
  • Ruang yang cukup meletakkan buku atau catatan anda
  • Air putih atau jus buah.


1 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites